Ternyata Merek Usaha Akan Hilang Jika Tidak Didaftarkan

Kategori

Ternyata Merek Usaha Akan Hilang Jika Tidak Didaftarkan

Merek usaha akan hilang jika tidak didaftarkan, jadi segera mendaftarkannya sekarang juga untuk menghindari segala resiko buruk.

Merek usaha akan hilang jika tidak didaftarkan merupakan hal yang bisa terjadi. Anda jangan anggap remeh sebuah merek, jangan sampai Anda mengabaikan untuk mendaftarkan merek milik perusahaan. Secara sederhanya, merek bisa dibilang identitas sebuah produk, yang membuat konsumen mudah membedakannya dengan produk lain yang sejenis.

Perlindungan Merek

Dalam dunia bisnis, merek hal yang sangat urgent karena bisa menampilkan citra, reputasi dan kualitas suatu produk dan perusahaan. Oleh sebab itu, terkadang merek justru dianggap sebagai aset yang lebih berharga dibandingkan aset lain dalam perusahaan. Sayangnya, jika Anda memiliki merek, namun tidak mendaftarkannya, merek bisa hilang dan dilupakan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, ini alasannya.

Alasan Merek Usaha Akan Hilang Jika Tidak Didaftarkan

Merek yang didaftarkan setidaknya bisa mendapatkan perlindungan secara hukum selama kurun waktu 10 tahun. Jika sudah melebihi waktu tersebut, hak merek Anda bisa diperpanjang lagi. Dengan mendaftarkan merek, jelas perlindungan hukum yang akan diterima. Bila terjadi hal yang merugikan seperti klaim produk dari pihak pesaing, perusahaan bisa mengajukan gugatan dan menuntut royalti.

Sebagai aset, merek yang didaftarkan juga bisa dipindahtangakan dan berganti kepemilikan. Semuanya diatur secara jelas melalui undang-undang. Otomatis bila merek tidak didaftarkan, perusahaan akan menemui banyak kendala. Hal yang paling beresiko adalah merek usaha akan hilang begitu saja.

Lihat Juga :

Alasan utama merek dapat hilang jika tidak terdaftar adalah karena merek tidak memiliki kekuatan hukum yang tetap. Hal ini menyulitkan merek untuk bertahan di dunia persaingan bisnis. Produk tidak bisa menarik perhatian konsumen sehingga penjualan menurun. Dengan kerugian yang terus menerus terjadi, maka merek produk yang tidak terdaftar akan ditarik dan akhirnya menghilang.

Di samping itu, ternyata agar bisa beredar secara luas, merek harus didaftarkan sehingga terdata oleh pemerintah. Dengan tidak legalnya merek, otomatis produk tidak bisa beredar dengan luas di pasaran. Maka kesempatan Anda untuk mengembangkan sayap bisnis sangat sulit. Merek yang sudah terdaftar saja masih bisa mengalami kerugian apalagi merek yang tidak didaftarkan.

Lihat Juga :

Kenyataanya bahkan merek yang sudah terdaftar saja bisa menghilang jika merek tersebut berubah menjadi istilah umum. Misalnya ada sebuah merek yang telah didaftarkan dengan nama “Shampo” dan ternyata istilah “Shampo” ini lama-kelamaan jadi istilah umum di masyarakat, maka merek tersebut akan menghilang.

Jadi bisa dibayangkan, bagaimana  jika merek usaha Anda tidak didaftarkan, dengan mudah merek tersebut akan menghilang dan lenyap begitu saja dilibas oleh pesaingnya. Demikianlah ulasan mengenai alasan merek usaha akan hilang jika tidak didaftarkan. Ingat, bahwa tidak ada kerugian sama sekali jika Anda memutuskan untuk mendaftarkan merek. Justru dengan merek yang terdaftar, perusahaan Anda dapat lebih percaya diri memasuki dunia pesaingan usaha.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Tentang Merek Dagang, Hak Merek, Ide Nama Toko, Nama Perusahaan Yang Bagus, Pendaftaran Merek, Jasa SEOPakar SEO Sigit Hermawan, Semoga Bermanfaat!





Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Ternyata Merek Usaha Akan Hilang Jika Tidak Didaftarkan
    Komentar(0)